Tips Melakukan Opname Stok Secara Sederhana

Shares

Sebagai seorang entrepreneur, terkadang banyak hal yang harus dipikirkan mulai dari penjualan, pembelian, stok, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi dan operasional dan sebagainya. Kali ini, salah satu co-founder ALazyBusiness akan membagikan sedikit tips melakukan opname stok secara sederhana yang diharapkan bisa bermanfaat untuk berbagai bisnis, terutama untuk bisnis skala kecil.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh seorang entrepreneur ketika menjalankan usahanya adalah masalah stok, terutama pada bisnis kuliner, jual beli barang, FMCG (fast moving consumer goods) dan semacamnya. Manajemen stok menjadi salah satu faktor paling penting dalam berbisnis, apalagi ketika kita mendelegasikan kepada pegawai untuk menjalankan salah satu lini bisnis kita.

loading...

Masalah yang sering dihadapi dalam manajemen stok adalah permainan stok yang dilakukan oleh oknum pegawai. Oleh karena itu, pemilik bisnis wajib untuk melakukan opname stok pada bisnis mereka. Opname stok sendiri merupakan pemeriksaan atau pengecekan stok secara berkala dengan membandingkan pencatatan laporan stok dan stok secara fisik.

Beberapa tujuan melakukan opname stok, meliputi :

1. Mengontrol stok secara berkala
2. Mencegah dan Meminimalisir adanya permainan stok.
3. Memiliki gambaran stok untuk beberapa hari ke depan

Berikut tips opname stok secara sederhana dari co-founder ALazyBusiness, check it out!

 

1. Buat Template Laporan Penjualan

Hasil gambar untuk sales report
Source : salesforce.com
Mengapa membuat template laporan penjualan? Karena penjualan sangat berhubungan erat dengan stok. Stok kita berkurang biasanya terjadi karena adanya penjualan, adanya stok yang rusak, dan adanya stok yang dipakai untuk kegiatan operasional. Penjualan memberikan kontribusi terbesar dalam hal stok. Oleh karena itu, sektor penjualan perlu dibuat tersendiri, salah satunya untuk membantu menganalisis pergerakan stok.

Template laporan penjualan dibuat sesuai dengan produk apa yang dijual dalam bisnis kalian. Hasil dari laporan berapa banyak penjualan setiap harinya akan menjadi input yang akan diproses kembali pada laporan stok.

 

2. Buat Template Laporan Stok

Hasil gambar untuk stok
Source : pawoon.com

Template untuk laporan stok merupakan template yang fokus dibuat khusus untuk menganalisis persediaan stok kita. Beberapa poin yang perlu ada di template laporan stok meliputi :

1. Stok awal
Stok yang tersedia pada hari H, sebelum aktivitas bisnis dilakukan.

2. Stok masuk
Stok yang terjadi karena adanya pembelian bahan baku dari distributor bisnis kita.

3. Stok keluar
Stok yang terjadi karena adanya berbagai kondisi seperti adanya penjualan kepada pelanggan, adanya stok yang dipakai untuk operasional, adanya stok yang rusak. Disarankan untuk memisahkan tabel dari masing-masing kondisi stok keluar supaya lebih mudah dikontrol.

4. Stok akhir
Stok yang tersedia pada hari H, sesudah aktivitas bisnis dilakukan. Stok akhir merupakan akumulasi dari STOK AWAL + STOK MASUK – STOK KELUAR.

 

3. Hitung Stok Secara Fisik

Hasil gambar untuk goods stock
Source : shutterstock.com

Bandingkanlah laporan stok dengan perhitungan stok secara fisik dengan catatan stok secara fisik harus dikunci terlebih dahulu sebelum dihitung ya, guys!

Contoh : Laporan stok fix bubuk coklat tanggal 12 Desember 2018, berarti untuk memeriksa apakah perbandingan stok antara laporan dan perhitungan secara fisik sudah benar atau tidak, tidak boleh ada penjualan terlebih dahulu di tanggal 13 Desember 2018 ya (perhitungan bisa dimulai pada pagi hari sebelum usaha dibuka).

 

4. Analisis hasil perhitungan fisik dengan laporan stok yang ada

Hasil gambar untuk analysis
Source : gre.ac.uk

Analisa meliputi proses kita dalam membandingkan laporan stok dan perhitungan stok secara fisik. Apabila sudah sama berarti tidak ada masalah. Kalau berbeda? bisa saja kesalahan ada di perhitungan fisik atau di laporan stok yang dibuat.

 

5. Contoh penerapan opname stok pada bisnis sederhana

Hasil gambar untuk case study
Source : pro-essay-writer.com

Pak Budi memiliki usaha minuman milkshake yang bernama Moo Meow Milkshake dan dipercayakan kepada pegawainya. Menu dari Moo Meow Milkshake meliputi milkshake coklat, milkshake milo dan milkshake ovaltine. oleh karena itu Pak Budi membuat laporan penjualan dan stok untuk mengontrol stoknya, dengan format sebagai berikut :

Opname Stok
Source : Charles Raymond Jeffrey, S.M., Co-founder ALazyBusiness

Opname Stok
Source : Charles Raymond Jeffrey, S.M., Co-founder ALazyBusiness

Kemudian, Pak Budi ingin menghitung stok terkini (semisal tanggal 12 Desember) dan Pak Budi diam-diam datang ke tempat jualan tanpa sepengetahuan pegawainya, sehingga diperoleh hasil sebagai berikut :

Opname Stok|
Source : Charles Raymond Jeffrey, S.M., Co-founder ALazyBusiness

Pada jam tutup, Pak Budi melakukan penghitungan secara fisik dengan perhitungan, yakni :

Stok akhir fisik bubuk coklat sebesar 97 bungkus (selisih kurang 3 bungkus)
Stok akhir fisik bubuk milo sebesar 60 bungkus (tidak ada selisih), dan
Stok akhir fisik bubuk ovaltine sebesar 40 bungkus (selisih kurang 5 bungkus)

Berarti pegawai tersebut bertanggungjawab terhadap perbedaan stok tersebut dan harus bertanggungjawab pada hari itu juga.

 

Nah itu tips dan contoh singkat bagaimana opname stok secara sederhana dari salah satu co-founder ALazyBusiness, genks! Langkah-langkah tersebut bisa disesuaikan dengan tipe bisnis yang kalian geluti ya, jadi tidak perlu terpatok dengan format yang diberikan oleh ALazyBusiness. Selamat mencoba!

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

“Media for Entrepreneur”

ALazyBusiness

"Media for Entrepreneur"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares