The Secret of Stock Market in a Century : Learn from Ryan Filbert

Shares

Eka Cipta merupakan seorang kontributor ALazyBusiness yang sekarang sedang mengenyam pendidikan strata 2 (S2) jurusan Administrasi Bisnis di Chung Yuan Christian University (CYCU), Taiwan

Hai genks, apa kabar kalian semua ? Welcome back to ALazyBusiness! Jadi pada kesempatan kali ini, saya berkesempatan untuk mengikuti acara seminar pembukaan Pojok BEI (Bursa Efek Indonesia) yang ke 400 di Pakuwon Center pada tanggal 14 Agustus 2018. Pembicaranya merupakan praktisi pasar modal yang begitu luar biasa & sudah melalang-buana di dunia Finance. Beliau menulis beberapa buku mengenai investasi, tercatat ada 16 judul buku mengenai dunia investasi. Beliau adalah Bapak Ryan Filbert.

Ryan FilbertKontributor dan Ryan Filbert

Terlahir dari keluarga yang konservatif memiliki pengalaman pahit mengenai dunia pasar modal, tidak membuat beliau menjadi ciut dan tidak melirik dunia investasi. Pada sesi “The Secret of Stock Market in a Century”, beliau membeberkan beberapa hal yang perlu diketahui sebagai sebuah “rahasia” dalam sebuah dunia investasi. Mari kita simak apa saja sih “rahasia” & tips untuk ber-investasi di dunia investasi, terutama pasar modal.

1. Dunia Investasi selalu berkutat dengan sebuah siklus

Ryan Filbert

Source : Linkedin.com

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa dalam dunia investasi, selalu terjadi yang namanya siklus. Setiap crash atau koreksi yang dalam selalu berkaitan dengan sebuah kondisi yang mirip atau bahkan sama sehingga bisa dilihat siklus yang terjadi. Misalnya, dalam beberapa crash yang besar, selalu saja mengandung beberapa hal ini :

Spekulasi Pasar & Hutang. Hampir dalam semua crash seperti The Great Depression (1929-1939), Black Monday (1987), Krisis Keuangan Asia (1997-1998) serta Krisis Subprime Mortgage (2008). Dengan begitu, saat kondisi pasar mulai menunjukkan hal seperti ini, diharapkan teman-teman bisa berhati-hati, bahkan kalau bisa ngambil keuntungan donk 😀

 

2. Beli saat murah, Jual saat mahal

Source : Allenlifestyle.com

Sama donk kayak dagang. Semuanya mau untung. Sama persis sesuai dengan prinsip dasar jual beli. Beli saat murah, jual saat mahal. Tetapi kenapa banyak orang gagal ? dikarenakan banyak para pemain yang tidak tahu bahwa barang itu murah atau mahal. Terkadang mereka bermain mengikuti trend saja sehingga mereka tidak tahu kondisi yang sebenarnya. Pokoknya beli murah, jual mahal supaya bisa untung banyak guuuys hahahaha


3. Jangan Panik saat ada diskon 

Ryan Filbert

Source : Podomatic.com

Biasanya nih ya teman-teman cewe, kalau lihat tag diskon 70% atau 80%, langsung buas lihatnya dan langsung diserbu juga pada saat itu (bercanda ya, mimin jangan dilempar sepatu ya hehehe…). Cara berbelanja seperti itu yang kurang disarankan dalam berinvestasi di saham.

Kecenderungan pemain saham adalah saat melihat sebuah harga yang dirasa murah, mereka akan full power untuk membeli barang tersebut, bahkan terkadang menggunakan hutang sehingga saat keesokan harinya terdapat diskon yang lebih wow lagi, mereka tidak mempunyai daya untuk membeli itu lagi.

Pokoknya main aman genks! Dari semua yang dibahas diatas oleh Pak Ryan Filbert, sebenarnya sebagian besar orang sudah pernah mendengarnya. So, jadi apa sebenarnya The Secret of Stock Market in a Century? Jawabannya adalah NOTHING *evil laugh*. Sekali lagi, TIDAK ADA. Semuanya dicapai dan diraih dengan ketekunan dalam menjalankannya. 1 hal yang perlu diingat, TRADING-lah saat tren dan INVEST-lah sebelum tren.

Sekian dulu ya genks, tetap semangat ya. Mudah-mudahan sharing pengalaman dari saya dapat memberikan pandangan baru untuk teman-teman. SALAM SUKSES & SEE YOU ON TOP!

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness & @eka_cipta7 (kontributor)

Twitter       : @alazybusiness

 

Hai, I’m Eka Cipta.

Persistence beats Everything

Have a nice day n Nice to meet you 🙂

Eka Cipta

Hai, I'm Eka Cipta. Persistence beats Everything Have a nice day n Nice to meet you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares