Selamat Hari Merdeka! Ini 5 Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi pada Usia Ke-73

Shares

Indonesia, tepat 73 tahun yang lalu, Bung Karno, Bung Hatta beserta seluruh rakyat Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan yang diraih dengan tetesan keringat, air mata bahkan tetesan darah hingga penghabisan. Pahlawan kala itu rela mengorbankan dirinya tanpa pamrih, hanya untuk memberikan masa depan yang terbaik untuk Indonesia

17 Agustus 2018. Indonesia, Selamat Hari Merdeka! Sekali lagi, Selamat Hari Kemerdekaan Ke-73! Merdeka Merdeka Merdeka!

Tidak terasa Indonesia telah menginjak usianya yang ke-73 tahun. Segenap tim ALazyBusiness ingin mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang Ke-73! Untuk merayakannya, AlazyBusiness akan memaparkan 5 prestasi Indonesia di bidang ekonomi dalam beberapa tahun ini. Ada apa aja sih? Yuk, dibaca!

 

1. Menteri Keuangan Terbaik di Dunia

prestasi indonesia
Source : Rmol.co

World Government Summit memberikan penghargaan kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati sebagai Best Minister in the World Award atau Menteri Terbaik di Dunia. Penghargaan global ini mulai diberikan sejak tahun 2016 dan hanya memilih satu orang menteri keuangan dari seluruh dunia. Proses seleksi hingga pemilihan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young.

World Government Summit sendiri merupakan pertemuan tahunan yang melibatkan pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Acara ini dilangsungkan di Dubai dan dihadiri oleh 4.000 orang dari seluruh dunia yang membahas tentang pemerintahan dan kebijakan publik.

 

2. Status Investment Grade / Layak Investasi untuk Indonesia

prestasi indonesiaSource : Liputan6.com

Tiga lembaga pemeringkat berskala internasional memberikan status peringkat utang Indonesia menjadi investment grade / layak investasi kepada Indonesia. Ketiga lembaga itu yakni Moody’s, Standard and Poor’s dan Fitch Ratings.

Peringkat investment grade ini tidaklah mudah diperoleh. Sejumlah aspek-aspek yang berkaitan dengan pencapaian tersebut haruslah sesuai dengan standar dan berjalan dengan baik terlebih dahulu.

Pencapaian status investment grade memberikan banyak manfaat bagi Indonesia seperti minat investor asiang semakin tinggi, obligasi dan surat utang negara lainnya diperkirakan akan laku keras dan sebagainya.

 

3. Negara Tujuan Investasi Terbaik Kedua di Dunia

prestasi indonesia
Source : Detik.com

Indonesia berhasil menempati posisi ke-2 sebagai negara tujuan investasi terbaik dunia berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh US News. Survei tersebut mempertimbangkan data dari UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) dan Bank Dunia.

Selain itu, hasil survei diperoleh dari 6.000 responden yang memberikan feedback survei ini. Mereka adalah tokoh-tokoh penting dalam pengambilan keputusan bisnis global.  Survei ini memperhatikan 8 aspek utama dalam penilaian yakni kewirausahaan, stabilitas ekonomi, regulasi perpajakan, inovasi, tenaga kerja terampil, penguasaan teknologi, dinamika sosial politik, dan korupsi.

 

4. Peringkat Ke-4 Negara Tujuan Investasi di Dunia

prestasi indonesia

Source : Unctad.org

UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) merilis survei “The World Investment Report 2017” yang menempatkan Indonesia berada pada posisi ke-4 sebagai negara tujuan investasi. Survei ini memaparkan negara tujuan investasi yang prospektif dalam kurun 2017-2019.

Sebelumnya Indonesia menduduki posisi ke-8 pada tahun sebelumnya, naik empat peringkat pada data terakhir yang dirilis oleh UNCTAD. Diatas Indonesia ditempati oleh India pada posisi ketiga, China pada posisi kedua dan Amerika Serikat pada posisi pertama.

 

5. Amnesti Pajak Tersukses di Dunia

Hasil gambar untuk amnesti pajak
Source : Pajak.go.id

Amnesti pajak yang dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 diklaim menjadi amnesti pajak yang tersukses sepanjang sejarah di dunia.

Beriku beberapa rincian kesukseskan amnesti pajak Indonesia dibandingkan negara lainnya :

1. Partisipan amnesti pajak 2016 di Indonesia mencapai 900 ribu orang. Padahal amnesti pajak India pada tahun
1997 “hanya” sukses menjaring 350 ribu peserta.

2. Indonesia berhasil mencetak nilai deklarasi harta sebesar Rp 2.514 triliun (per tanggal 28 September 2016).
Angka tersebut sudah melampaui perolehan negara lainnya seperti Italia Rp 1.179 triliun (2009), Chili
Rp 263 triliun (2015), Spanyol Rp 202 triliun (2012), Afrika Selatan 115 triliun (2003) dan lain-lain yang
semuanya di bawah angka tersebut.

3. Indonesia berhasil memperoleh uang tebusan amnesti pajak sebesar Rp 81,8 triliun  (per tanggal 28 September
2016). Angka tersebut mengungguli negara lainnya seperti Italia Rp 59 triliun (2009), Chili Rp 19,7 triliun (2015),
India Rp 19,7 triliun (1997), Spanyol Rp 17,7 triliun (2012), Jerman Rp 13,3 triliun (2004), dan lain-lain yang
semuanya di bawah angka tersebut.

 

Masih banyak lagi prestasi Indonesia di bidang-bidang lainnya. Kita harus bangga dengan status kita sebagai Warga Negara Indonesia karena Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang tiada taranya. Selain itu, prestasi Indonesia di kancah internasional sudah sangat banyak.

Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik patutnya gotong-royong, menjaga perdamaian dan persatuan bangsa supaya bangsa Indonesia lebih kuat lagi dan mampu mencetak banyak prestasi sehingga prestasi Indonesia semakin banyak di dunia internasional. Terima kasih Indonesia.

 

“SEKALI MERDEKA, TETAP MERDEKA. SELAMAT HARI KEMERDEKAAN-73, INDONESIA-KU!”

 

ALazy Business, Media for Entrepreneurs

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

One thought on “Selamat Hari Merdeka! Ini 5 Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi pada Usia Ke-73

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares