Rico Huang, Salah Satu Pelopor Dropshipping di Indonesia

Shares

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan nilai-nilai positif tentang dunia entrepreneur kepada para pembaca. ALazyBusiness sangat menghindari statement yang menjadi pro dan kontra dimana ALazyBusiness hanya memiliki keinginan untuk merangkum apa yang menjadi nilai-nilai positif dari pribadi dan kisah hidup seseorang dalam sesi stories ini.

Halo semua! Ketemu lagi dengan AlazyBusiness. Pada kesempatan ini, AlazyBusiness ingin mengulas sebuah istilah yang mungkin kebanyakan orang belum tahu yakni dropshipping. Dropshipping adalah metode manajemen rantai pasokan atau metode marketing di mana penjual tidak menyimpan barang dalam stok tetapi mentransfer pesanan pelanggan dan rincian pengiriman ke produsen, pengecer lain, atau grosir, yang kemudian mengirimkan barang langsung kepada pelanggan.

Keuntungan menjadi dropshipper (istilah untuk orang yang melakukan dropshipping) adalah tidak perlu modal ataupun stok barang yang akan dijual sehingga dalam menjalankan bisnis tidak perlu pusing untuk mengatur perputaran barang yang dimiliki. Berbicara mengenai dropshipping, salah satu anak muda yang menjadi pelopor dropshipping di Indonesia adalah Rico Huang. Rico Huang adalah seorang enterpreneur yang menjalankan bisnisnya dengan menerapkan sistem dropshipping.

Hasil gambar untuk rico huang
Source : digitalmarketer.id

Rico Huang lahir di Jakarta pada tanggal 14 November 1995. Ia adalah seorang entrepreneur yang terkenal karena bisnis berjualan custom case handphone, kaos, powerbank, dan juga kartu. Rico Huang adalah co-founder daripada dropshipaja.com yang berjualan berbagai macam barang-barang custom, alona.co.id yang memberikan edukasi bisnis online untuk dapat menjadi pebisnis digital yang handal, serta amelia.id yakni sebuah website yang menyediakan Instagram marketing tools.

 

MUSIBAH KEBAKARAN RUMAH PADA MASA MUDANYA

Hasil gambar untuk rico huang
Source : amelia.id

Pada waktu SMA kelas 1, Rico Huang memulai bisnisnya pada saat rumahnya mengalami musibah kebakaran dan semua asset orang tuanya habis tidak tersisa lagi. Hal ini dikarenakan Rico merasa tidak tega melihat orang tuanya yang harus bekerja dari pagi hingga malam untuk membiayai kehidupannya. Pada awalnya Rico Huang memulai bisnisnya dengan berjualan nasi uduk kepada teman-teman di sekolahnya, namun bisnis ini tidak berjalan dengan baik karena pihak sekolah melarang semua siswa untuk berjualan di sekolah.

Bisnis kedua yang dijalankan oleh Rico setelah itu adalah berjualan kaos polos lewat blog dan menawarkannya kepada teman-temannya di sekolah. Dalam kurun waktu 1 bulan ia berhasil mendapatkan untung bersih sebesar 500 ribu namun rugi sebanyak 1 juta rupiah karena tidak laku saat mencoba stok. Akibat pengalamannya ini akhirnya ia mulai belajar tentang dunia online shop dengan berjualan aksesoris gadget selama 1 tahun dengan bantuan saudaranya.

 

TERJUN KE DALAM BISNIS ONLINE

Hasil gambar untuk rico huang
Source : pejuangbisnis.com

Pada umur 15 tahun, Rico berjualan aksesoris handphone bersama dengan saudaranya hingga umur 17 tahun. Pada umur 17 tahun ia membuka bisnis yang sejak dahulu ia cita-citakan, yakni mie ayam. Tak berjalan mulus dalam membangun bisnis mie ayamnya akhirnya ia menutup bisnis mienya dan rugi hingga 15 juta.

Namun Rico Huang tetap optimis bahwa ia mampu memujudkan cita-citanya untuk membanggakan orang tuanya. Pada umur 19 tahun Rico pun terpaksa drop out dari kuliahnya dengan IP yang cukup memprihatinkan serta direndahkan serta dicibir oleh orang lain. Pantang menyerah, Rico menjalankan bisnis buzzer di twitter dengan ratusan ribu followers yang sedang booming kala itu dan mengalami kerugian sekitar 50 jutaan serta jutaan followers dari jumlah 8 akun twitter.

Pada umur 20 tahun Rico memecat 40% daripada karyawan perusahannya karena ketahuan mengambil barang dagang dan berakibat cashflow-nya tidak karuan karena tidak mengerti sistem pergudangan. Bahkan pada umur 21 tahun Rico terpaksa harus menutup bisnis aksesoris handphone online-nya yang omsetnya mencapai 10 – 12 milyar setiap tahun dikarenakan tidak bisa mengontrol dead stock dan masuk pada jenis bisnis model price war ini.

 

KESUKSESAN RICO HUANG

Hasil gambar untuk dropshipaja
Source : alona.co.id

Pada umur 21 tahun Rico Huang akhirnya memutuskan untuk memulai dari nol seluruh bisnis yang pernah dijalaninya. Dengan bermodalkan kemampuan digital marketing, Rico membangun kerajaan bisnis onlinenya dibawah naungan PT. Alona Indonesia Raya bersama partner dan menjadikannya co-founder dari Amelia.id (Instagram marketing tools), Dropshipaja.com (supplier produk custom) dan alona.co.id (edukasi bisnis online).

Selain membangun ketiga bisnis tersebut, Rico pun telah menulis buku Jago Jualan di Instagram, buku Dropship Mastery yang mengupas tuntas bagaimana cara berbisnis dengan model dropship mulai dari 0 dan berbagi di berbagai channel tentang entrepreneurship & digital marketing hingga memiliki ratusan ribu followers. Hingga saat ini Rico membangun wadah komunitas bisnis online bernama bisnis anak muda dengan lebih dari 500.000 member di seluruh Indonesia.

 

PEMBAHASAN ALAZYBUSINESS DARI SISI KACAMATA BISNIS DARI RICO HUANG 

Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa memulai suatu bisnis secara online itu tergolong susah karena sudah terdapat banyak sekali pesaing yang sudah terlebih dahulu terjun di dalamnya, namun di sini Rico Huang membuktikan dengan adanya konsistensi dan pantang menyerah maka seseorang pasti dapat berhasil. Dari kisah Rico Huang ini kita dapat belajar beberapa hal yang dapat diterapkan ketika kita akan masuk ke dalam dunia bisnis antara lain :

1. Cobalah berbagai hal baru

Gambar terkait
Source : motivatingafrica.com

Ketika memulai suatu bisnis ada baiknya jika kita memulai untuk mencoba berbagai hal yang baru. Kebanyakan ketika akan membuka suatu bisnis seseoarang akan memikirkan bisnis apa yang bisa dikerjakan sesuai dengan kemampuannya sendiri tetapi tidak mau belajar untuk mencoba hal yang sebelumnya tidak pernah dia lakukan. Rico Huang di dalam menjalankan bisnisnya mau belajar dan mencoba bisnis yang sebelumnya tidak pernah dia coba dan akhirnya dapat berhasil hingga sekarang seperti ini.

 

2. Mau mencoba atau tidak takut gagalGambar terkait
Source : motivatingafrica.com

Hal lain yang bisa dipelajari dari Rico Huang adalah dia mau mencoba atau tidak takut gagal. Seseorang yang biasanya mau membuat sebuah bisnis biasanya terlalu banyak berpikir sehingga tidak mau mencoba atau takut gagal karena banyak pertimbangan padahal hal tersebut belum tentu terjadi, akibatnya bisnis yang direncanakan dengan matang pun tidak bisa berjalan karena hanya dipikirkan saja namun tidak mau dilakukan. Rico Huang di sini tidak takut gagal karena dia merasa bahwa setiap kali dia gagal dia akan belajar sesuatu yang baru, selain itu dia juga sadar bahwa kerugian yang dia derita akan jauh lebih besar jika tidak memulai bisnisnya dari sekarang.

 

3. Manfaatkan masa mudamu

Hasil gambar untuk young people
Source : crosswalk.com
Hal terakhir yang bisa kita pelajari adalah kita harus banyak belajar dan mencoba ketika kita masih muda. Rico Huang sudah memulai bisnisnya pada umur 15 tahun sehingga dia bisa belajar banyak dari kegagalan-kegagalan yang ia alami hingga masa kini. Hal tersebut yang membuat Rico dapat sukses hingga sekarang ini. Para pebisnis yang sudah berumur ( professional ) pun juga dapat belajar hal yang baru yakni dengan belajar memulai segala sesuatunya sekarang daripada nanti.
 

Sekian kisah inspiratif dari seorang enterpreneur muda yang bernama Rico Huang dari AlazyBusiness, jika orang lain bisa sukses pasti kita juga bisa sukses selama kita dapat menemukan mau mencoba dan meyakini apapun yang kita jalani. Jadi guys sudah tau apa yang menjadi passion kalian sekarang? kalau belum ayo cari tahu supaya bisa sukses seperti Rico Huang! Terus berkarya dan menjadi berkat buat orang lain ya!

 

SELAMAT BERKARYA KAWAN !

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

 

REFERENSI :

1. https://www.alona.co.id/about-me/

2. https://www.kaskus.co.id/thread/5233359505346a5c6e000005/6-kisah-pengusaha-online-muda-terinspiratif/

3. https://digitalmarketer.id/content/success-story-rico-huang/

4. https://www.klikmania.net/kisah-sukses-rico-huang/

 

 

 

 

An extrovert that study about e commerce , sales technique , and financial knowledge

Geraldo Wijaya

An extrovert that study about e commerce , sales technique , and financial knowledge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares