Putri Tanjung, Anak Konglomerat Chairul Tanjung dengan Segudang Prestasi

Shares

Banyak stigma yang mengatakan bahwa anak-anak yang terlahir dari keluarga kaya adalah anak-anak manja yang hanya mengandalkan kesuksesan orang tuanya. Ternyata stigma tersebut mampu dipatahkan melalui kisah inspiratif seorang anak muda yang berhasil tanpa mengharapkan kekayaan orang tuanya. Anak muda yang inspiratif  itu bernama Putri Tanjung.

Putri Tanjung merupakan anak sulung dari konglomerat Chairul Tanjung, pengusaha yang masuk jajaran 10 besar orang terkaya di Indonesia (baca disini). Kekayaan Chairul Tanjung tidak serta merta membuat Putri Tanjung menjadi anak yang manja. Putri memulai semua bisnisnya dari titik nol, berjuang secara mandiri hingga bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini. Berikut kisah inspiratifnya!

 

Creativepreneur Event Creator, event organizer besutan Putri Tanjung 
Source : Detik.com

Creativepreneur Event Creator didirikan oleh Putri Tanjung ketika berusia 17 tahun, yang sebelumnya bernama El Paradiso. Tujuannya sangat baik yaitu menciptakan event berkelas dunia yang inspiratif untuk generasi muda di Indonesia. Event creator ini memiliki 3 jenis event yaitu : Creativepreneur Corner, Creativepreneur Talk dan Creativepreneur Berjuang.

Creativepreneur Corner, talkshow yang menghadirkan narasumber luar biasa dan sangat inspiratif untuk membagikan kisah dan pengalaman mereka kepada anak-anak muda Indonesia. Event ini bukanlah seminar biasa melainkan tempat dimana munculnya inovator-inovator baru di industri kreatif.

Creativepreneur Talk, talkshow gratis untuk pelajar yang bercita-cita menjadi entrepreneur dimana mereka dapat memperoleh inspirasi dan bertemu dengan creativepreneur yang menjadi narasumber.

Creativepreneur Berjuang, festival seni dan musik berkelas dunia yang menghadirkan artis-artis bertalenta. Event ini diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Event Creativepreneur Corner 2018 sudah dilaksanakan di 3 kota yaitu Yogyakarta, Surabaya dan Bandung pada Januari-Februari lalu. Event Creativepreneur Talk 2018 sedang dilaksanakan Juli ini hingga September di 6 universitas antara lain UPI, IPB, ITB, Mercubuana, UI dan Prasetiya Mulya. Narasumber yang diundang mulai dari Chairul Tanjung, Najwa Shihab, Yansen Kamto, Raditya Dika, Joko Anwar dan masih banyak lagi.

 

Memulai bisnisnya sejak berusia 15 tahun  dan tanpa bantuan modal dari orang tua
Hasil gambar untuk putri tanjung
Source : Tribunnews.com

Putri Tanjung memulai perjalanan bisnisnya pada saat berusia 15 tahun. Putri mendirikan event organizer yang bernama El Paradiso. Bahkan Putri memulai bisnisnya tanpa bantuan modal sepeserpun dari orang tuanya.

“Banyak yang ngga tahu kalau gue nggak didukung secara finansial dari ibu dan bapak. Dari umur 15 tahun, gue nggak pernah dapet modal sepeserpun. Semuanya gue sendiri,” kenang Putri (dikutip dari wawancara detik.com)

Banyak tantangan yang dihadapi oleh Putri ketika memulai bisnis dari usia muda. Mulai dari ditolak perusahaan,  diremehkan orang-orang bahkan susah mencari dana untuk event. Semua tantangan itu dihadapi oleh Putri tanpa patah semangat. Putri banyak belajar bagaimana susahnya mencari duit dan belajar menghargai setiap proses-proses yang dia jalankan.

 

Ditolak oleh banyak perusahaan dan rela menunggu di pos satpam
Hasil gambar untuk putri tanjung krowd
Source : Glitzmedia.com

Kesuksesan yang diraih Putri saat ini tidak lepas dari jerih payahnya selama ini. Berbagai pengalaman berharga dia dapatkan selama merintis bisnisnya. Putri menceritakan bahwa awal mulanya dia sering ditolak oleh perusahaan dengan tujuan memperoleh sponsor. Tidak tanggung-tanggung, 30 perusahaan pun pernah menolak untuk mensponsori event-nya.

Bahkan, dirinya pernah menunggu di pos satpam lantaran kehujanan hanya untuk menemui pihak yang diharapkan bisa menjadi sponsor bagi event-nya. Nama besar ayahnya tidak membuatnya terbantu dalam mencari sponsor dan narasumber untuk event yang dia kerjakan.

Mungkin hanya segelintir orang yang mengenal Putri adalah anak dari Chairul Tanjung pada saat itu. Kemandirian dalam menjalankan bisnisnya membuat Putri mampu menjadi salah satu entrepreneur muda yang menginspirasi dan berdampak bagi banyak orang.

Putri Tanjung merupakan contoh yang dapat kita pelajari supaya kita bisa menjadi entrepreneur yang sukses di usia muda. Selain itu, kisah inspiratif Putri Tanjung mengajarkan juga bahwa kesuksesan dapat diraih tanpa harus mengandalkan kemampuan orang tua.

Setiap pribadi pun memiliki kesempatan yang sama, tinggal bagaimana kita bisa merealisasikan itu menjadi hal yang nyata atau tidak. Dia bisa, kenapa kita tidak?

 

ALazy Business, Media for Entrepreneurs

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares