Narasi TV, Startup Televisi Digital yang Menaungi Mata Najwa

Shares

Teman-teman pasti sudah pada tahu tentang Mata Najwa, kan? Mayoritas milenial pasti menjawab ya. Mata Najwa merupakan salah satu program televisi dengan konsep talkshow yang dipandu oleh Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia yang cerdas dan berintelektual. Mata Najwa selalu menyajikan talkshow dengan topik yang hangat dan ramai diperbincangkan publik. Program Mata Najwa sendiri sekarang dinaungi oleh Narasi TV.

Narasi TV itu apa sih? Narasi TV adalah startup dengan konsep televisi digital yang didirikan oleh Najwa Shihab bersama kedua co-founder lainnya, yaitu Catharina Davy dan Dahlia Citra. Narasi TV sendiri memanfaatkan platform video terpopuler di dunia, Youtube. Selain menaungi Mata Najwa, Narasi TV juga memiliki beberapa program televisi digital lainnya loh seperti Catatan Najwa, Tompi & Glenn, Buka Mata, Shihab & Shihab, Buka Data, Mata Mata, Kejar Tayang, Duo Budjang.

loading...

 

Memutuskan keluar dari zona nyaman

Image result for najwa shihab
Source : liputan6.com

17 tahun, waktu yang telah didedikasikan Najwa Shibab untuk meniti karir mulai dari reporter lapangan hingga menjadi wakil pemimpin redaksi di Metro TV. Pengalaman yang mumpuni, pekerjaan yang sudah dapat di-handle dengan sistematis serta jabatan yang tinggi, tidak serta merta membuat Nana, panggilan akrabnya, bermain di zona nyamannya. Nana berani keluar dari zona nyamannya dengan mengundurkan diri dari Metro TV dan membuat startup-nya, yaitu Narasi TV.

Bukan alasan finansial-lah yang membuat Nana mengundurkan diri dari Metro TV melainkan faktor aktualisasi diri hingga Nana memiliki keputusan tersebut. Nana merasa dia selalu memiliki keinginan untuk belajar digital karena dunia memang sudah berubah. Dikutip dari MONEYSMART, Nana mengatakan,“Saya merasa YouTube juga salah satu platform yang paling revolusioner abad ini setelah ditemukannya telepon, ditemukannya radio, ditemukannya televisi, sekarang YouTube”.

 

Sempat galau saat bikin Startup

Hasil gambar untuk narasi tv najwa
Source : markeeters.com

Membuat startup memang bukan perkara mudah, apalagi bagi seseorang yang memulainya dengan mengorbankan karir yang telah ia peroleh. Hal itu juga yang dialami oleh Nana. Sudah sejak lama Nana ingin memiliki startup media digital sendiri. Dia pun sempat dilanda kegalauan ketika akan mendirikan startup-nya itu. Terpikir bagaimana jika startup yang didirikannya tidak berhasil, padahal rutinitas kala itu sudah cukup enak (sebagai wakil pemimpin redaksi Metro TV).

Akhirnya pada tahun 2017, Nana berhasil mewujudkan startup-nya itu. Narasi TV berhasil didirikannya dengan mengorbankan karirnya yang telah dibangunnya selama 17 tahun. Nana juga sempat tidak bisa tidur karena harus berhenti dan memulai suatu hal yang baru. Nana tetap berani mencoba karena banyaknya dukungan dan semangat yang diberikan kepadanya.

Barulah pada tahun lalu, rencana Nana akhirnya bisa terwujud. Nana mendirikan Narasi TV setelah berkecimpung menjadi jurnalis selama 17 tahun di Metro TV. Beberapa channel Youtube yang merupakan bagian dari Narasi TV antara lain channel Najwa Shihab, Narasi Channel, dan Nara-Z. Channel Youtube Najwa Shihab pun saat ini telah memiliki 1,3 juta subscriber.

 

Menerima dana inovasi oleh Google News Initiative

Hasil gambar untuk narasi tv
Source : narasi.tv
Usaha yang keras, pengorbanan yang mahal, akan selalu ada hasilnya. Narasi TV hanya dalam waktu setahun mampu berkembang cukup pesat. Narasi TV baru-baru ini terpilih sebagai penerima dana inovasi oleh Google News Initiative. Google News Initiative sendiri adalah program dari Google yang bertujuan untuk mengembangkan dunia jurnalistik di era digital.

Dana tersebut akan dialokasikan dalam mengembangkan format baru jurnalisme video serta memperkuat tim peliputan Narasi TV. Selain itu, pendanaan juga dialokasikan untuk menggelar workshop dan content creator day di sepuluh kota di Indonesia yang meliputi Jakarta, Surabaya, Padang, Sorong, Bandung, Yogyakarta, Medan, Banda Aceh, Pontianak, dan Makassar.

Hal yang membanggakannya adalah Narasi TV menjadi salah satu dari 87 perusahaan maupun organisasi di industri berita (media, agensi, pembuat konten) yang terpilih dari 23 negara. Narasi TV pun menjadi perusahaan media termuda diantara yang terpilih. Tidak main-main, para perusahaan maupun organisasi yang terpilih meliputi The New York Times, Washington Post, BuzzFeed News, Vox, The Economist, Der Speigel, dan masih banyak lagi.

 

Jadi, sudah pada tahu kan tentang Narasi TV? Menurut ALazyBusiness, Najwa Shihab sangat layak menjadi contoh pembelajaran bagi kita semua saat ini. Seseorang yang sudah berada di zona nyamannya, tidak serta merta ‘enak-enakan’ di zona nyamannya. Seorang Najwa Shihab berani meninggalkan itu semua demi mencapai harapannya yang juga telah membuatnya naik level setingkat lagi. Pada akhirnya, perjuangannya tidak sia-sia dan memperoleh hasil yang terbaik.

Bagaimana dengan kalian? Berani mencoba seperti seorang Najwa Shihab dan menjadi dampak positif dan inspirasi bagi banyak orang?

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

“Media for Entrepreneur”

ALazyBusiness

"Media for Entrepreneur"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares