Ini Tips Buat Kamu Yang Ingin Memulai Bisnis

Shares

Wasap genks, pasti ada berbagai kegalauan yang muncul dipikiran kita ketika kita ingin memulai bisnis. Itu adalah hal wajar genks karena untuk memulai sebuah bisnis ada berbagai faktor yang harus dipikirkan. Mulai dari memikirkan ide dan produk atau jasa yang ingin kita jual, merintis bisnis merupakan salah satu tantangan tersendiri. Nah, kali ini ALazyBusiness mau membagikan beberapa tips untuk mengatasi kegalauan kamu memulai sebuah bisnis genks!

Mulailah Dari Yang Terdekat
pic : startupnation.com

Mulailah segala sesuatu dari sekeliling kamu, daripada kamu sibuk memikirkan apa yang kamu akan buat dan kemudian malah gak kerealisasi genks. Lebih baik kamu mulai dari apa yang ada disekeliling kamu, lakukan langkah pertama untuk terus melangkah. Kalau kamu cuma menunggu semuanya siap dan tidak melangkah maka hasilnya akan sama. Sebaik apapun ide yang kamu miliki jika tidak diimbangi dengan kerja keras maka akan sia-sia. Seperti salah satu kampanye yang dilakukan oleh Tokopedia yaitu #MulaiAjaDulu, dimana kamu harus mengakui bahwa kamu tidak dapat merealisasikan ide kamu secara keseluruhan dalam waktu yang sama, jika kamu menunggu-nunggu maka bisnis mu hanya akan menjadi angan-angan belaka genks. Mulailah dengan apa yang kamu miliki disekelilingmu saat ini juga genks, tidak perlu menunda-nunda untuk menginjakan langkah pertama kamu genks!

Kenali Passion Kamu
pic : toistudent

Lalu darimana kamu harus memulai genks? kamu bisa memulai bisnis dengan mengikuti passion kamu. Kenapa harus mengikuti passion? coba bayangkan kamu bekerja atau mengerjakan hal yang kamu sukai tanpa ada paksaan, bayangkan kamu mengerjakan pekerjaan yang kamu memang sukai, tanpa ada tekanan. Passion lah yang akan membuat kamu siap untuk langkah panjang, passion lah yang nantinya akan tetap menjadi kekuatan kamu untuk terus maju meski ada banyak masalah datang dalam bisnis kamu nantinya. Dengan passion itu kamu dapat bertahan, bahkan melangkah lebih jauh lagi genks.

Identifikasi Prioritas
pic : qualitymag.com

Dalam memulai bisnis tentu imajinasi kita akan sangat tinggi, kita memiliki mimpi untuk meraih berbagai hal. Tapi tidak dapat dipungkiri dan harus diakui bahwa berbisnis akan membuka mata kamu bahwa semuanya harus di raih secara bertahap dan konsisten hari demi hari. Maka dari itu sebagai Business Owner kamu harus tau mana hal yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu, mana hal yang menting dan akan memberikan dampak besar bagi bisnis kamu terlebih dahulu. Ada banyak rencana-rencana indah dan menarik untuk dibayangkan dan dilakukan tetapi dalam membangun sebuah bisnis kamu harus fokus, dan tau manakah yang prioritas dan bukan untuk dikerjakan dengan begitu kamu tidak mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dan dapat mengefisiensikan pengeluaran kamu genks.

Jadi genks, apapun bisnis yang kamu ingin bangun ingatlah 3 hal diatas. Karena bagaimana pun faktor “kamu” lah yang menentukan kemana arah bisnis mu nantinya.

ALazy Business, Media for Entrepreneurs

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares