Discord Peroleh Pendanaan Senilai USD 150 Juta

Shares

Peluang bisnis dari kemajuan teknologi saat ini tidak ada matinya. Discord mengumumkan bahwa baru-baru ini Discord peroleh pendanaan sebesar USD 150 juta dengan valuasi (nilai perusahaan) senilai USD 2,05 miliar. Discord merupakan aplikasi chatting, baik itu messenger maupun voice chat, yang sangat populer di kalangan gamer atau pemain game. Pendanaan terbaru terutama datang dari Greenoaks Capital Discord, diikuti oleh investor lainnya dari Firstmark, Tencent, IVP, Index Venture dan Technology Opportunity Partners.

Dengan adanya tambahan pendanaan ini, Discord akan menggunakan tambahan dana tersebut untuk meningkatkan kapasitas bisnis, membuka berbagai jenis bisnis. Selain itu, Discord juga  Discord menjadi perhatian akhir-akhir ini karena kebijakannya yang membagi pendapatan dari sektor penjualan game antara Discord dan pengembang game dengan tingkat 90/10. Kebijakan ini jauh lebih menarik dilihat dari sektor finansial bagi pengembang game, dibandingkan pembagian dengan tingkat 70/30 yang ditawarkan oleh Steam.

loading...

Discord sendiri sudah menjadi aplikasi chatting wajib bagi pemain game seperti Dota2, PUBG, Counter Strike dan masih banyak lagi. Discord tidak hanya menjadi suatu aplikasi yang menawarkan keunggulannya, tetapi aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang memiliki ratusan juta pengguna setiap bulannya. Fakta ini yang menjelaskan bahwa Discord menjadi platform obrolan untuk game terbesar di dunia, dengan 200 juta pengguna setiap bulannya.

Berikut beberapa fakta sebelum Discord peroleh pendanaan senilai USD 150 Juta pada Desember ini :

Sebelumnya Discord peroleh pendanaan juga pada April 2018

Discord Peroleh Pendanaan
Source : Discordapp.com

Sebelumnya, Discord berhasil mengumpulkan USD 50 juta dengan valuasi senilai USD 1,65 miliar. Beberapa investor yang memberikan dana antara lain Tencent Holdings, Benchmark Capital, Greylock Partners, IVP, dan Spark Capital. Ketertarikan investor yang menyuntikkan dananya pada bulan April 2018 lalu salah satunya dikarenakan tingginya pertumbuhan pengguna pada Discord.

Pengguna Discord pada bulan Januari 2018 telah mencapai 90 pengguna, dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya, yang dilihat dari data perusahaan. Pertumbuhan ini meningkat drastis karena tingginya popularitas game seperti League of Legends dan Fornite yang berperan dalam pertumbuhan pengguna Discord.

Walaupun beberapa multiplayer game telah menawarkan fitur komunikasi teks dan suara, namun faktanya masih banyak gamer yang menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Discord, Teamspeak ataupun Skype. Aplikasi pihak ketika seperti contoh yang disebutkan memiliki fitur yang lebih mumpuni, contohnya adanya layanyan tambahan dan konsep manajemen komunitas yang jelas karena komunikasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam permainan.

 

Mengembangkan lini bisnis baru : The Discord Store

Discord Peroleh Pendanaan
Source : Engadget.com

Salah satu faktor banyaknya investor yang masuk menyuntik dananya tidak lain karena Discord Store dan kebijakannya. Perusahaan meluncurkan Discord Store versi beta pada Oktober 2018 lalu. Discord Store merupakan aplikasi yang menjual berbagai game secara global. Aplikasi ini menjadi pendatang baru sekaligus pesaing bagi Steam Store, aplikasi yang sebelumnya telah bekerjasama dengan game-game ternama seperti Counter Strike, PUBG, dll.

Hal yang menarik dari Discord Store adalah keberanian mereka dalam memberikan pembagian hasil dengan sistem 90/10 dengan pengembang game. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena Discord berani menawarkan kebijakan tersebut, kebijakan yang tentunya lebih menguntungkan bagi para pengembang game ketimbang pembagian yang diberikan oleh Steam Store.

Memang benar Discord Store masih memiliki cakupan dan pengguna yang lebih kecil daripada pemain raksasa saat ini, Steam Store. Namun, pihak perusahaan Discord Store yakin mereka mampu mengatasi tantangan itu. Fokus utama dari Discord sendiri akan terus pada layanan obrolannya, yang memungkinkan pengguna untuk berbicara via teks atau suara dengan teman mainnya, khususnya sangat dibutuhkan pada clan, guild dan sejenisnya. Fokus ini akan menjadi nilai plus untuk mempengaruhi para penggunanya sehingga mereka mau beralih ke Discord Store ketika berbelanja sebuah game.

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

“Media for Entrepreneur”

ALazyBusiness

"Media for Entrepreneur"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares