Cara Membuat Business Plan yang Baik

Shares

Sebuah bisnis yang baik memerlukan perencanaan yang baik dan matang supaya bisnis dapat dikembangkan secara fokus dan menuju ke arah yang benar. Oleh karena itu, sebuah bisnis direkomendasikan memiliki business plan untuk menggambarkan secara detail bagaimana gambaran bisnis itu dan bagaimana menjalankan bisnis itu ke depannya. Cara membuat business plan yang baik bagi suatu bisnis akan berdampak pada kemana nanti bisnis itu melangkah.

Business plan yang baik akan memberikan banyak keuntungan bagi kita seperti memulai bisnis dengan baik, bisnis lebih terarah dan dapat menarik investor guna memperoleh pendanaan untuk bisnis tersebut. Berikut ALazyBusiness merangkum cara membuat business plan yang baik secara singkat, referensi berdasarkan buku Understanding Business 8th International Edition published by McGraw-Hill.

Cover Letter

Satu hal yang harus diingat ketika kita mencari pendanaan untuk memulai bisnis kita adalah “kita bukanlah satu-satunya orang yang berada di luar sana”. Banyak bisnis-bisnis lainnya yang berlomba-lomba mencari pendanaan juga. Kita harus bisa membuat investor untuk membaca business plan kita terlebih dahulu di antara banyaknya business plan yang lain.

Cover letter (surat pembuka) harus berisi rangkuman tentang poin-poin bisnis kita yang menarik dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Jangan lupa mencantumkan nama kita pada surat yang dikirimkan kepada calon investor.

 

Executive Summary

cara membuat business plan

Source : Proposify.com

Ringkasan berjumlah 2-3 lembar yang berisi deskripsi usaha, deskripsi tentang perusahaan dan manajemen serta visi dan misi perusahaan. Jelaskan ringkasan ini dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Jangan membuat summary ini bertele-tele karena akan membuat investor kurang tertarik untuk membacanya.

 

Latar Belakang Perusahaan

cara membuat business plan

Source : Humanengineers.com

Latar belakang perusahaan menjelaskan tentang garis besar perusahaan yang berisi aspek operasional, hukum, resiko dan peluang secara detail. Selain itu, latar belakang perusahaan juga berisi ringkasan tentang kondisi keuangan yang terdiri dari neraca keuangan dulu dan sekarang, laporan arus kas dan laporan pendapatan dan laporan keuangan lainnya.

Perusahaan juga harus menyertakan jaminan apa kepada investor. Investor juga perlu diyakinkan bahwa apabila terjadi suatu masalah pada pendiri perusahaan dan manajemen tidak akan menimbulkan efek negatif yang besar kepada perusahaan. Contohnya : apabila direktur utama jatuh sakit dalam waktu yang lama, apakah operasional perusahaan masih bisa berjalan dengan baik atau tidak.

 

Tim

cara membuat business plan

Source : Newstrategygroup.com

Penjelasan tentang organisasi tim, deskripsi pekerjaan masing-masing divisi dan profil dari tim eksekutif contohnya profil direktur, komisaris, dan sejenisnya. Ide bisnis dengan tim yang terstruktur dan dapat dikendalikan akan menarik minat investor untuk mendanai perusahaan tersebut.

Atasan tim harus memiliki semua keahlian yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis itu. Jika tidak memilikinya, perusahaan dapat mencari konsultan yang bisa membantu meng-handle pekerjaan tersebut.

 

Rencana Keuangan

cara membuat business plan

Source : Wisdominvestments.com

Buatlah proyeksi (perencanaan) keuangan untuk lima tahun ke depan yang meliputi proyeksi pendapatan, pengeluaran dan sumber-sumber pendanaan dari mana saja. Sesuaikan perencanaan keuangan dengan tahap-tahap operasional bisnis yang dijalankan. Jangan sampai anggaran melebihi perencanaan yang telah dibuat secara detil.

Jelaskan secara rasional dengan pada setiap perencanaan yang dibuat (tidak asal-asalan). Asumsi perencanaan haruslah masuk akal dan sesuai dengan tren pasar saat itu. Pastikan seluruh detil operasional dilakukan secara konsisten yang sesuai dengan perencanaan. Jika perlu, pakailah jasa konsultan keuangan untuk membantu dalam pembuatan perencanaan keuangan.

Pastikan juga perencanaan keuangan yang dibuat dapat diimplementasikan ke berbagai kondisi, baik buruk maupun baik. Hal ini akan berdampak besar terhadap manajemen tim dalam menjalankan operasional perusahaannya.

 

Modal Kerja

cara membuat business plan

Source : Xinnuotrade.com

Seperti penjelasan sebelumnya, pastikan kembali modal kerja yang direncanakan cukup untuk proses operasional perusahaan. Jelaskan secara rinci peruntukkan modal tersebut pada laporan arus kas. Laporan arus kas sendiri memliki tiga aktivitas yaitu aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pembiayaan.

Jadi, investor dapat melihat secara jelas dan rinci kemana saja modal kerja yang dikeluarkan sehingga membuat investor berpotensi mendanai perusahaan.

 

Perencanaan Pemasaran

cara membuat business plan

Source : Marketingdonut.co.uk

Pemasaran merupakan salah satu faktor penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan. Jangan pernah meremehkan sama sekali dengan persaingan di pasar (market). Analisis-lah pasar (market) yang akan dijadikan tempat perusahaan memasarkan produknya dari berbagai aspek pemasaran.

Hal yang paling penting untuk diketahui oleh investor adalah apa yang membuat produk dari perusahaan kita lebih diinginkan dibandingkan dengan produk yang sudah ada dan apakah produk yang kita buat bisa dipatenkan.

Banyak sekali analisis pemasaran yang dapat dilakukan seperti menganalisa besar kecilnya bidang industri yang digeluti, membandingkan harga dengan pesaing di sekitar kita, pasang iklan, promosi, sosial media yang ampuh dengan tingkat efektifitas yang tinggi.

ALazyBusiness pernah membuatkan beberapa artikel tips pemasaran yang bisa dipelajari melalui link website di bawah ini :

1. Strategi Segmentation, Targeting and Positioning (untuk artikel, klik disini)

2. Strategi 4P (product, price, place, promotion) (untuk artikel, klik disini)

 

Analisa Lokasi

cara membuat business plan

Source : Geospatialworld.net

Lokasi juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia retail dan beberapa industri lainnya. Sediakanlah analisa demografis konsumen terhadap bisnis yang dijalankan secara lengkap di area tersebut. Analisis sederhana yang bisa dilakukan meliputi berapa banyak jumlah pejalan kakinya, berapa banyak jumlah kendaraan yang lewat, kapan lalu lintas di sekitar area tersebut ramai atau sepi, bagaimana polanya.

Analisis demografis akan memberikan pandangan tentang potensi pasar di sekitar area yang akan dijadikan lahan berbisnis. Jadi, hasil analisis tersebut dijadikan patokan bagaimana cara menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau masyarakat di sekitar area tersebut.

 

Perencanaan Manufaktur

cara membuat business plan

Source : Uconn.edu

Perencanaan manufaktur dibutuhkan ketika perusahaan memiliki kegiatan operasional produksi. Perencanaan ini meliputi luas minimum tempat produksi yang dibutuhkan, spesifikasi alat produksi yang dibutuhkan, kapasitas produksi, metode untuk mengontrol inventaris perusahaan,  metode untuk mengontrol kualitas, persyaratan karyawan di tempat produksi dan sebagainya.

Hal yang harus diperhatikan juga adalah estimasi biaya produk harus berdasarkan pada riset yang telah dilakukan. Estimasi biaya produk menentukan harga jual di pasaran. Harga jual di pasaran juga menentukan tinggi rendahnya minat seseorang terhadap produk tersebut (impulsive buying).

 

Lampiran

Source : Freelancecopywritersblog.com

Dalam menyampaikan sebuah perencanaan bisnis yang baik, perlunya melampirkan data-data yang mendukung pernyataan di dalam perencanaan bisnis tersebut. Data-data yang diambil harus valid dan bersumber dari pihak yang berkredibilitas tinggi. Data-data yang dilampirkan meliputi terhadap produk seperti statistik, jurnal, berita, dll.

 

ALazy Business, Media for Entrepreneurs

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

“Media for Entrepreneur”

ALazyBusiness

"Media for Entrepreneur"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares