Who’s Win? – Perang Dagang (Amerika vs China)

Shares

What’s up genks ?? Kembali lagi bersama ALazyBusiness! Jadi kali ini saya akan membahas sesuatu hal yang benar-benar lagi booming banget nih. Ada kaitannya dengan Indonesia sih, tapi yang jelas perang 2 negara ini cukup membuat resah banyak petinggi negara. Yups, saya akan membahas tentang Perang Dagang : Amerika vs China.

Dalam beberapa bulan terakhir, banyak negara yang panic dengan isu bahwa 2 negara super power akan melangsungkan perang. Tapi bukan kayak Avengers lawan Thanos ya! Kekhawatiran itupun akhirnya benar-benar terjadi pada 6 Juli 2018 saat Presiden AS, Donald Trump mengumumkan secara resmi untuk memulai perang dagang dengan China. Pemerintah AS menaikkan tarif import AS ke China menjadi 25% untuk 1.300 produk asal China dan Pemerintah China membalas hal serupa untuk 106 produk asal AS sehingga terjadinya kenaikan tarif import yang sangat tinggi.

loading...

Bahkan dalam beberapa hari kedepan, pemerintah China akan “me-launching” aturan baru, yakni tarif impor baru untuk beberapa barang dari Amerika senilai US$60 miliar (Rp 892,6 triliun) mulai 24 September 2018. Negara yang dikenal dengan hewan panda ini akan mengenakan tarif sekitar 5%-10% pada sekitar 5.207 barang dari Amerika. Founder dari AliBaba Group, Jack Ma memprediksi bahwa perang dagang Amerika vs China ini akan berlangsung dengan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 20 tahun. Saat ini pun Donald Trump direncanakan untuk bertemu dengan Tim Perdagangan Amerika untuk membahas aturan baru tentang aturan import terhadap Eropa untuk tarif mobil.

amerika vs china
Source : cnn.com

Hal ini dilatarbelakangi oleh banyak hal. Ada yang mengatakan kalau AS kalah gengsi sebagai negara adidaya karena pada tahun 2017, AS mengalami defisit perdagangan dengan China sebesar $375 Milyar. Ada lagi karena Pemerintah AS ingin “memulangkan” perusahaan-perusahaan AS yang membuka tempat manufaktur di China untuk membantu menumbuhkan perekonomian dalam negeri hingga masalah hak kekayaan intelektual produk AS yang sering dicuri oleh China.

 

Terus kalau gini, apa yang bakal terjadi ? Sapa terus yang bakal menang? Banyak pertanyaan yang terjadi, tapi menurut analisa & pendapat kami, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Berikut ini merupakan analisa & pendapat saya mengenai perang dagang Amerika vs China :

1. China yang akan memenangi pertarungan

amerika vs china
Source : theverge.com

Kedua negara pada awalnya pasti akan mengalami kesusahan karena 2 negara ini saling bergantung. Tetapi China akan menjadi pemenang karena AS cukup bergantung banyak terhadap China. Misalnya, tempat perakitan iPhone berada di China. Jika Pemerintah China membuat “aturan baru” (baca: aturan palsu) untuk memberhentikan produksi sementara, maka perusahaan Apple akan megap-megap karena mau tidak mau, Apple harus tetap menjual produknya untuk dapat survive.

 

2. Amerika vs China : menang jadi arang, kalah jadi abu

amerika vs china

Source : eater.com

Seperti yang sudah saya katakan, 2 negara ini benar-benar saling berkaitan. Ibarat China ini orang buta, AS ini orang lumpuh. China mempunyai kekuatan mengenai mass production yang begitu luar biasa, sedangkan AS merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi yang tinggi di dunia. 2 negara ini saling membutuhkan. Dalam CIA World Factbook, terlihat bahwa persentase Ekspor China ke AS adalah 19%, tertinggi dari semua negara. Sedangkan, impor AS dari China sebesar 21,6% yang juga tertinggi di antara semua negara sehingga saat 2 negara ini melakukan perang. Perang ini benar-benar akan memperburuk pertumbuhan ekonomi masing-masing negara. Bahkan menurut CEO dari Raksasa E-Commerce – Alibaba, Jack Ma, Perang Dagang itu merupakan hal yang stupid.

 

3. Hanya “setting’an” untuk issue global

amerika vs china
Source : diariociudadano.com.mx

Memang analisa ini cukup aneh dan tidak memiliki fundamental analis yang bagus. Tetapi ada sesuatu hal yang menarik. Baik Donald Trump (Presiden AS) & Xi Jinping (Presiden China) bukanlah pemimpin yang bodoh maupun ceroboh. Mereka berdua beserta dengan jajaran staf pemerintah masing-masing sudah mendiskusikan hal ini dan sudah memikirkan cost benefit dari situasi yang akan terjadi jika sampai perang dagang ini terjadi.

Kemungkinan besar 2 negara ini akan merugi jika perang dagang ini diluncurkan, tetapi mengapa perang dagang ini tetap diadakan ? bisa jadi ini hanya setting’an untuk issue global yang lebih besar yang belum tahu arahnya mau dibawa kemana. Dengan reputasi 2 negara yang memiliki kekuatan perekonomian yang sangat besar, issue perang dagang yang melibatkan 2 negara ini cukup membuat reaksi negatif, terutama dari stock market. Tapi sekali lagi ini hanyalah argumentasi & pendapat saya saja.

 

So guys, jadi begitu kira-kira gambaran perang dagang dari Amerika vs China. Serem? Enggak lah! masih serem-an muka mama kalian kalau kalian pulang kemalaman hahaha… (kidding bro! :D). Jadi menurut kalian, siapa nih yang bakal menang ? boleh kasih review di kolom comment ya. See you guys.

Keep Calm and Keep Inspiring!

 

A Lazy Business, Media for Entrepreneur

“too lazy to do business”

Website     : www.alazybusiness.com

Instagram : @alazybusiness

Twitter       : @alazybusiness

 

REFERENSI

1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180919065304-4-33734/perang-dagang-memanas-china-serang-balik-produk-as
2. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4218660/jack-ma-perang-dagang-as—china-akan-berlangsung-20-tahun
3. https://bisnis.tempo.co/read/1118161/drama-perang-dagang-china-dan-as-kembali-berunding-di-bulan-ini
4. https://www.bbc.com/indonesia/dunia-45067661
5. https://www.cia.gov/library/publications/resources/the-world-factbook/fields/2061.html#114
6. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4293303/jack-ma-perang-dagang-china-as-itu-stupid
7. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4301724/perang-dagang-as-dan-china-bikin-investor-takut

Hai, I’m Eka Cipta.

Persistence beats Everything

Have a nice day n Nice to meet you 🙂

Eka Cipta

Hai, I'm Eka Cipta. Persistence beats Everything Have a nice day n Nice to meet you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares