10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018 Versi Forbes

Shares

Hai, genks! Tidak terasa ya kita sudah memasuki awal tahun 2019. Sebelumnya, admin mewakili tim ALazyBusiness ingin mengucapkan selamat tahun baru 2019 ya! Kiranya teman-teman mampu merealisasikan mimpi-mimpinya di tahun 2019 ini ya! Untuk mengawali awal tahun yang baik ini, ALazyBusiness ingin membagikan siapa aja sih 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2018 nih versi Forbes. Siapa tau ada hikmah pelajaran yang bisa teman-teman ambil dari para konglomerat Indonesia ini ya, Check it out!

 

loading...
10. Prajogo Pangestu

orang terkaya di indonesia
Source : tribunnews.com

Peringkat 10 ditempati oleh Prajogo Pangestu dengan sumber kekayaan mayoritasnya berasal dari bidang petrokimia. Kekayaannya ditaksir mencapai 3 miliar USD atau setara dengan 43,5 triliun Rupiah. Prajogo Pangestu memulai kariernya di bisnis kayu pada akhir tahun 1970-an. Perusahaannya yang bernama PT Barito Pacific Timber menjadi perusahaan ‘terbuka’ (go public) pada tahun 1993. Tahun 2007, perusahaannya berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya.

Di tahun yang sama (2007), Barito Pacific mengakuisisi 70 persen perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pada 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia sekaligus menjadi produsen petrokomia terintegrasi terbesar di Indonesia. Chandra Asri Petrochemical bekerja sama dengan pabrikan ban Prancis Michelin pada 2015 untuk mengembangkan pabrik karet sintetis di Indonesia.

 

9. Jogi Hendra Atmadja

orang terkaya di indonesia
Source : detik.com

Peringkat 9 ditempati oleh Jogi Hendra Atmadja dengan sumber kekayaan mayoritasnya berasal dari bidang consumer goods. Kekayaannya ditaksir sekitar 3,1 miliar USD atau sekitar 45 triliun Rupiah. Atmadja adalah komisaris utama dari Mayora Group. Mayora Group merupakan salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia dengan produk kopi, sereal, permen, biskuit dan lainnya.

Merek-merek terkenal yang diperdagangkan oleh Mayora Group antara lain Kopiko, Danisa, Roma yang tersebar di lebih dari 90 negara dan mempekerjakan 30.000 orang. Mayora Group resmi didirkan pada tahun 1977 yang dimulai dari membuat biskuit di rumah pada tahun 1948. Jogi Hendra Atmadja beserta keluarganya, termasuk saudara lelaki dan sepupunya, memiliki 75 persen saham di PT Mayorah Indah yang diperdagangkan secara publik.

 

8. Boenjamin Setiawan

orang terkaya di indonesia
Source : maxmanroe.com

Peringkat 8 ditempati oleh Boenjamin Setiawan dan keluarga dengan sumber kekayaan mayoritasnya berasal dari bidang farmasi. Kekayaannya ditaksir sekitar 3,2 miliar USD atau sekitar 46 triliun Rupiah. Boenjamin Setiawan merupakan salah satu pendiri Kalbe Farma bersama lima saudara kandungnya. Mereka mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi pada tahun 1966.

Boenjamin Setiawan sendiri merupakan lulusan dengan gelar doktor (s3) di bidang farmakologi. Perusahaan ini mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991, dengan kepemilikan saham 48 persen yang dimiliki oleh Boenjamin Setiawan dan saudara-saudaranya. Selain itu, “Dr. Boen”, julukan Boenjamin Setiawan, juga mengontrol 12 Rumah Sakit Mitra Keluarga yang sahamnya juga diperdangangkan secara publik.

 

7. Chairul Tanjung 

orang terkaya di indonesia
Source : tempo.co

Peringkat 7 ditempati oleh Chairul Tanjung dengan sumber kekayaan mayoritasnya berasal dari berbagai bidang bisnis. Kekayaannya ditaksir sekitar 3,5 miliar USD atau sekitar 51 triliun Rupiah. Bisnis utama dari Chairul Tanjung adalah CT Corp yang terkenal dengan perbankan, retail,  dan stasiun TV Trans Corp. Keseluruhan bisnis dari CT Corp meliputi perbankan, asuransi. pendanaan, retail, investasi, media, food and beveragestour and travel, leisure dan hotel & resort.

Beberapa bisnis dari Chairul Tanjung yang terkenal seperti Bank Mega, Transmart, Trans Studio, Trans Corp, Trans Luxury Hotel dan masih banyak lagi. Selain itu, Chairul Tanjung juga memegang lisensi waralaba internasional di Indonesia seperti Wendy, Versace, Mango, Jimmy Choo, Baskin Robbins dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2017, Chairul Tanjung menjual 49 persen saham di bidang bisnis asuransinya kepada Prudential Financial AS. Selain itu pada tahun yang sama, Chairul Tanjung juga menandatangi kesepakatan dengan AccorHotels of France untuk membuka 30 hotel di Indonesia.

 

6. Tahir

orang terkaya di indonesia
Source : wartaekonomi.co.id

Peringkat 6 ditempati oleh Tahir dengan sumber kekayaan mayoritasnya berasal dari berbagai bidang bisnis. Kekayaannya ditaksir sekitar 4,5 miliar USD atau sekitar 65 triliun Rupiah. Tahir merupakan pendiri dari Mayapada Group, sebuah induk perusahaan yang memiliki bisnis di bidang perbankan, rumah sakit dan real estate. Putrinya, Grace, merupakan presiden komisaris Propertindo Mulia Investama, perusahaan properti yang terdaftar pada tahun 2018 di mana keluarganya memiliki saham.

Istri dari Tahir adalah Rosy yang merupakan putri dari taipan Indonesia, Mochtar Riady. Tahir juga dikenal sebagai seorang filantropi yang sering sekali menyumbangkan kekayaannya untuk orang-orang yang membutuhkan seperti bantuan pendidikan, kesehatan hingga bencana alam. Pada tahun 2016, Tahir memperoleh gelar doktor kehormatan dari Universitas Gajah Mada.

 

KLIK HALAMAN 2 UNTUK MELANJUTKAN.

“Media for Entrepreneur”

ALazyBusiness

"Media for Entrepreneur"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares